nusakini.com--Jemaah haji kloter 7 Embarkasi Makassar (UPG 07) tiba di Asrama Haji Sudiang, Selasa (12/09). Mereka mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pukul 10.09 WITA dengan Garuda Indonesia. 

Sesuai saat keberangkatan, total ada 455 jemaah haji dalam UPG 07, terdiri dari 49 jemaah asal Kota Makassar, dan 401 jemaah asal Kab. Bulukumba. Ikut mendampingi mereka, 5 petugas loter. “Alhamdulillah semuanya kembali utuh seperti saat diberangkatkan 40 hari lalu,” ujar Petugas Kloter UPG 07 Sahawi. 

Turun dari Bus Damri, sebagian besar jemaah UPG 07 ini tampak memakai pakaian kebesaran jemaah haji khas Bugis, Makassar. Mereka langsung memasuki Aula untuk mengikuti prosesi penerimaan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Prov. Sulsel, untuk selanjutnya diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba dan Kota Makassar. 

Serah terima dilakukan oleh Kabid PAIS yang juga mantan Kepala Kankemenag Kab. Bulukumba Muhammad Rasbi kepada Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto. Tampak hadir juga, Ketua DPRD Kab. Bulukumba Andi Hamzah Pangki, Kepala Kankemenag Kab. Bulukumba Ali Yafid, Ketua Komisi D dan E DPRD Bulukumba. 

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur jemaah UPG 07 kembali utuh. Menurutnya, ini berkat doa semua keluarga, masyarakat Bulukumba dan Kota Makassar. Karenanya, berkah ini harus disyukuri dalam bentuk perubahan sikap dan prilaku yang lebih baik serta mampu memperlihatkan sekaligus menularkan nilai kemabruran hajinya di tengah keluarga dan masyarakat. 

Wabup Kabupaten yang dikenal dengan julukan Butta Panrita Lopi ini juga menghaturkan terima kasih dan penghargaan kepada PPIH Embarkasi-Debarkasi Haji Makassar serta para petugas kloter UPG 07 atas dedikasi dan pelayanannya kepada jemaah haji. “Hanya Allah yang mampu membalas segala upaya dan kerja keras kita,” ucapnya. 

Jemaah UPG 07 asal Kab. Bulukumba ini diberangkatkan dari Asrama Haji Sudiang Makassar menggunakan bus yang sudah disiapkan Pemda dan PPIHD Bulukumba ada pukul 14.00 WITA. Mereka diperkirakan tiba di Masjid Agung Kota Bulukumba sesudah Sholat Isya malam. Diinformasikan kalau ribuan keluarga jemaah sudah menunggu untuk menyambut kedatangan mereka.  

Sementara 49 jemaah asal Kota Makassar langsung dijemput oleh keluarganya di Asrama Haji Sudiang. 

Dengan datangnya UPG 07, maka jumlah jemaah haji yang sudah tiba di Embarkasi Debarkasi Haji Makassar sebanyak 3.177 orang, dengan rincian 1.072 Pria dan 2.105 Wanita.(p/ab)